Pada hari Rabu-Jumat, 30, 31 Oktober, 1 November 2024 UPA.Perpustakaan UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Literasi Informasi Berdasarkan Standar Akreditasi Perpustakaan: Strategi Dan Implementasi, bertempat di Ruang Meeting Anjani, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala UPA. Perpustakaan UPNVJ, Fajar Nugroho,
S.Kom. M.P., Rektor UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ), Dr. Anter Venus, MA, Comm., beserta Pustakawan dan Tenaga administrasi Perpustakaan UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ).
Untuk mendukung kegiatan ini Perpustakaan UPNVJ mengundang 2 (dua) orang Narasumber, Dr. Riche Cynthia Johan, M.Si. yang merupakan Kepala Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia dan Drs. Budi Kurniawan Pustakawan Ahli Madya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Pada hari pertama Rabu 30 Oktober 2024, acara dibuka langsung oleh Rektor UNVJ, Dr. Anter Venus, MA, Comm., dengan menyampaikan dukungan penuh pengembangan Perpustakaan UPNVJ dalam bentuk apapun mengingat pernyataan Bapak Anter Venus bahwa Perpustakaan merupakan Centrum dari sebuah perguruaan tinggi yang dimana perpustakaan menjadi pusat sumber informasi. Selain itu Bapak Anter Venus juga menyinggung tentang konsep dan fungsi Perpustakaan UPNVJ selain sebagai Library Perpustakaan UPNVJ juga menjadi Museum dan Gallery. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini Bapak Anter Venus berharap kemampuan literatasi Pustakawan meningkat guna untuk menunjang pelayanan perpustakaan khususnya layanan literasi informasi.
Dilanjutkan sambutan Kepala UPA. Perpustakaan UPNVJ, Fajar Nugroho, S.Kom. M.P., dengan menyampaikan maksud, tujuan, dan sasaran dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk menunjang komponen pelayanan perpustakaan yang mengacu pada standar akreditasi perpustakaan perguruan tinggi, menurut Bapak Fajar Nugroho persiapan re-akreditasi perpustakan perlu disiapkan tidak cukup jauh jauh hari tapi jauh jauh tahun mengingat data/dokumen yang perlukan adalah data/dokumen 3 (tiga) tahun terkahir.
Dr. Riche Cynthia Johan, M.Si. selaku narasumber menyampaikan materi pertama tentang literasi informasi yang berfokus pada: Paradigma pembelajaran abad 21, Konsep literasi informasi, Standar layanan literasi informasi, Peraturan perpusnas dan konteks literasi informasi dalam instrumen akreditasi perpustkaan, dan sharing program literasi informasi di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia.
Penyampaian materi oleh Ibu Riche Cynthia Johan diselingi dengan diskusi bersama seluruh peserta kegitan, pustakawan yang hadir tertarik dengan program literasi informasi yang ada di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia untuk dapat di adopsi ke Perpustakaan UPNVJ diantaranya adalah kelas literasi informasi.
Dilanjutkan Drs. Budi Kurniawan menyampaikan materi kedua tentang pedoman, instrumen, dan standar akreditasi perpustakaan. Bapak Budi Kurniawan menyampaikan detail komponen dan indikator instrumen Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi serta strategi pencapaiannya untuk mendapatkan nilai A, Bapak Budi Kurniawan menjelaskan bahwa selain 6 (enam) komponen instrumen akreditasi yang digunakan Perpustakaan UPNVJ saat akreditasi pada tahun 2023 lalu yaitu: Koleksi Perpustakaan, Sarana dan Prasarana Perpustakaan, Pelayanan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggaraan Perpustakaan, Pengelolaan Perpustakaan, ada 3 (tiga) komponen tambahan/pendukung yaitu: Inovasi dan Kreativitas, Tingkat Kegemaran Membaca, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat. Dengan bertambahnya komponen instrumen akreditasi yang semula 6 (enam) komponen menjadi 9 (sembilan) komponen, Perpustakaan UPNVJ diharapkan dapat mempersiapkan 9 (sembilan) komponen tersebut sebelum re-akreditasi. Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan Bapak Fajar Nugroho pada saat sambutan “persiapan re-akreditasi perpustakan perlu disiapkan tidak cukup jauh jauh hari tapi jauh jauh tahun”.
Selain menyampaikan materi Bapak Budi Kurniawan memberikan panduan perpustakaan dalam menggunakan aplikasi SiPAPI yang digunakan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk Perpustakaan yang ingin melakukan akreditasi dan re-akreditasi.
Setelah penyampaian materi dari 2 (dua) nasumber yang hadir, acara dilanjutkan dengan diskusi dipimpin oleh Kepala UPA. Perpustakaan UPNVJ, Fajar Nugroho, S.Kom. M.P., diskusi berfokus pada identifikasi jenis layanan literasi informasi yang dapat diaposi Perpustakaan UPNVJ.
Pada hari kedua Kamis 31 Oktober 2024, diskusi dilanjutkan berfokus pada: identifikasi komponen akreditasi, layanan literasi informasi, strategi, implementasi, dan pembagian tugas pustakawan. Setelah diskusi dan pembagian tugas seluruh pustakawan membuat draft/konsep dan bahan/dokumen yang perlukan untuk mendukung implementasi layanan literasi informasi di Perpustakaan UPNVJ yang dijelaskan pada tabel di bawah ini:
Tabel Komponen Akreditasi dan Jenis Layanan Perpustakaan UPNVJ
NO | KOMPONEN AKREDITASI | JENIS LAYANAN |
1 | Layanan informasi (reference desk) | Menyiapkan meja informasi, menyiapkan informasi perpustakaan tentang layanan, koleksi, fasilitas, sarpras, sirkulasi |
2 | Layanan bimbingan penggunaan koleksi referensi | Bimtek literasi informasi tingkat akhir (penelusuran e-resource) |
3 | Layanan penelusuran | Bimtek literasi informasi tingkat awal (penelusuran), Bimtek literasi informasi tingkat akhir (repository) |
4 | Layanan konsultasi riset | Form layanan konsultasi riset, Penjelasan layanan konsultasi riset |
5 | Layanan cek plagiarism | Menyiapkan Prosedur Operasional Baku (POB) pengecekan plagiarsm, Membuat SK pengelola/operator aplikasi plagiarism, Membuat form cek plagiarism, Sosialisasi penggunaan aplikasi cek plagiarism untuk pengelola/operator |
6 | Layanan bimbingan pemustaka | Pengenalan dan Orientasi Perpustakaan |
Pada hari ketiga Jumat 1 November 2024, Bapak Fajar Nugroho memeriksa perkembangan dan memberikan arahan terkait draft/konsep dan bahan/dokumen yang sudah dibuat pustakawan, dengan memberikan arahan, masukan, dan semangat untuk mengembangkan Perpustakaan UPNVJ Bapak Fajar Nugroho menutup kegiatan Workshop Peningkatan Literasi Informasi Berdasarkan Standar Akreditasi Perpustakaan: Strategi Dan Implementasi.